4 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Saat Merencanakan Liburan

Berlibur adalah hal yang menyenangkan. Dengan berlibur ke Flores atau ke 10 tujuan wisata favorit yang ada di Indonesia misalnya, kita dapat merasakan indahnya kekayaan alam sambil menghilangkan penat. Namun, sebelum pergi liburan ada baiknya Anda merencanakannya terlebih dahulu.

Berlibur

Pada majalah Kartini kami menemukan tips mengenai hal-hal apa saja yang harus Anda perhatikan dalam merencanakan liburan.

1. Kota Destinasi

Sangat mudah untuk menentukan kota liburan yang tepat. Pertama, pilih pulau apa yang belum pernah Anda kunjungi. Jangan terlalu fokus pada pulau Jawa sementara pulau lain di Indonesia memiliki daya tarik yang berbeda. Lalu, cari kota apa yang paling menarik di pulau tersebut melalui internet, atau bertanya pada teman yang berasal dari wilayah tersebut.

2. Kegiatan

Setelah mendapatkan kota yang tepat, galilah informasi apa yang akan Anda lakukan selama di kota itu. Mulai dari kuliner, berbagai tempat wisata yang indah, tempat belanja yang murah, serta informasi hotel yang nyaman untuk beristirahat.

Bila Anda berkunjung pada kota yang terkenal dengan kuatnya budaya atau adat, cari informasi mengenai hal-hal yang berkaitan. Seperti, hari besar atau kegiatan rutin adat istiadat.

3. Transportasi

Kelebihan bepergian keliling Indonesia adalah tidak perlu repot membawa paspor dan mengurus visa. Membawa kendaraan pribadi juga bisa menjadi salah satu pilihan. Pastikan kendaraan yang digunakan nyaman dan dalam kondisi baik, dengan begitu kita dapat mengunjungi tempat-tempat wisata secara spontan.

Pilihlah pesawat terbang yang nyaman. Jam penerbangan juga harus disesuaikan dengan jadwal kegiatan wisata supaya tidak banyak waktu yang akan terbuang.

Jika Anda suka dengan petualangan, berlibur menggunakan bis, kereta api, bahkan kapal laut bisa juga dijadikan pilihan yang mengasyikkan.

4. Barang Penting

Jangan lupa membawa beberapa barang yang wajib di dalam tas seperti kamera, pakaian yang sesuai dengan daerah yang akan dikunjungi, uang secukupnya, kartu ATM, sepatu, sandal, topi, sunblock. Yang tidak boleh tertinggal adalah travel, agar ponsel Anda tidak mati karena lowbat dan tetap bisa foto menggunakan kamera di ponsel, lalu mengunggah di sosial media. Selain itu, obat-obatan pun harus selalu siap agar tidak panik jika mendapat gangguan kesehatan.

Apakah kamu memiliki tips lain dalam merencakan liburan? Yuk, share di kolom komentar di bawah ini.

Tentang Majalah Kartini

Majalah Kartini merupakan majalah wanita yang mengulas mengenai seputar Gaya Hidup, Kisah Inspiratif, Mode, Fiksi, hingga Profil. Temukan artikel-artikel lainnya pada edisi terbaru kali ini.

Beli Majalah Kartini ED 2374 (Rp. 16.000)