Agar Orasi Tak Hanya Tong Kosong yang Nyaring Bunyinya

Pandai Berorasi di Depan Publik

Bagi sebagian orang rasa percaya diri adalah hal mahal yang susah didapat kecuali dengan belajar. Menjadi orator di depan banyak orang dan membuat mereka mengerti apa yang disampaikan juga bukan perkara mudah. Tidak hanya dengan banyak tampil di depan umum saja, ada keterampilan-keterampilan lain yang harus diasah agar tidak grogi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Apakah public speaking hanya perkara rasa percaya diri dan menghilangkan rasa grogi? SCOOP memberikan rekomendasi untuk Anda mengembangkan diri menjadi lebih baik dalam hal tampil di tempat umum.

1. Public Speaking Mastery

Public Speaking Mastery

Keberanian tampil di depan orang tanpa ditunjang pengetahuan dan keterampilan dalam mengirimkan pesan ke audiens akan menjadikan diri Anda layaknya “orang mabuk” yang mengoceh tidak keruan di depan orang lain. Pembicara dihadapkan pada empat tantangan utama, yaitu: (1) mengatasi rasa takut, (2) membuat audiens antusias dan tertarik dengan topik yang sedang dibahas, (3) membuat audiens mengingat apa yang disampaikan, dan (4) membuat audiens melakukan apa yang disampaikan. Penjelasan keempatnya dapat Anda baca dalam buku karya Onky Hojanto ini.

Buku ini memberikan 16 rahasia menjadi pembicara yang percaya diri. Salah satu rahasianya adalah cara mengatasi rasa takut. Ada beberapa elemen yang harus dikuasai untuk melakukannya, salah satunya adalah pernapasan. Mengendalikan pnapasan adalah cara pertama untuk mengatasi rasa takut saat akan berbicara. Bila kekurangan oksigen, tubuh Anda menjadi dingin, pucat, dan gemetar. Parahnya jika oksigen tidak secara maksimal masuk ke otak sehingga terciptalah kebingungan atau kondisi “blank”. Lalu, bagaimana melatih pernapasan yang benar? Dan apa saja rahasia Ongky Hojanto untuk bisa menguasai diri saat tampil di depan umum?

Baca buku “Public Speaking Mastery” karya Ongky Hojanto

Baca juga buku “Trainerpreneur” karya Ongky Hojanto

2. The Power of Public Speaking

The Power of Public Speaking

Banyak yang masih bertanya apa setiap orang memerlukan keterampilan public speaking. Charles Bonar Sirait menyebutkan bahwa di era kompetisi yang serba cepat seperti sekarang, semua profesi menuntut semua orang untuk dapat berbicara di depan publik dengan baik. Karena tulisan saja tak cukup kuat untuk berkata-kata, maka kemampuan berbicara menjadi sangat penting. Selain dapat memperkuat maksud dan tujuan yang bisnis, public speaking juga dapat mempertajam pengaruh pada sebuah presentasi, skripsi, proposal bisnis, dan yang lainnya.

Public speaking bukan hanya milik selebritas. Setiap manusia pasti akan mendapatkan kesempatan berbicara di depan publik. “The Power of Public Speaking” difokuskan pada keahlian yang harus dimiliki setiap pembicara publik masa kini terutama untuk berorasi dan mengemukakan pendapat. Keahlian tersebut yaitu rasa percaya diri dan cara efektif dalam berkomunikasi. Tiga hal yang penulis sadari sangat penting untuk dimiliki pembicara publik modern saat ini adalah tindakan nyata, latihan, dan terjung langsung ke lapangan. Bagaimana kesemuanya ini berkaitan?

Baca buku “The Power of Public Speaking” karya Charles Bonar Sirait dan Bunga Sirait

3. My Public Speaking

My Public Speaking

Hilbram Dunar menyampaikan beberapa tujuan bicara yaitu mengajak, menyarankan, meminta, memberi, meyakinkan, dan menjual. Tanpa disadari, semua hal tersebut selalu dilakukan setiap orang dalam kesehariannya. Maka sudah sepantasnya keterampilan public speaking masuk sebagai life skill. Masalahnya, public speaking tidaklah umum diajarkan. Sekolah umum mengajarkan menulis, membaca, menghitung, dan berbahasa tapi tidak banyak yang mengajarkan berbicara. Padahal kemampuan berbicara sama pentingnya dengan yang lain.

Telah lama melanglang buana di dunia public speaking membuat Hilbram mengerucutkan dasar utama dalam hal tersebut. Terdapat empat poin menurutnya, yaitu: jujur, bersikap yang benar, tertariklah pada materi pembicaraan, dan terbukalah terhadap diri sendiri. Namun keempat poin itu tidaklah sempurna tanpa kunci dari public speaking yang dibilang Hilbram dahsyat: terus mengembangkan kreativitas. Karena semakin kreatif penampilan Anda, akan semakin tinggi kelas Anda. Cari tahu pengalaman Hilbram Dunar berbicara di depan publik pada buku “My Public Speaking”.

Baca buku “My Public Speaking” karya Hilbram Dunar