Selain Bukan Jerawat, Berikut Beberapa Fakta Menarik Seputar Komedo

Selain Bukan Jerawat, Berikut Beberapa Fakta Menarik Seputar Komedo

Bagi Anda yang ingin tampil cantik terkadang terbentur dengan adanya komedo dan jerawat. Namun, kebanyakan dari Anda menggunakan satu perawatan yang sama untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Padahal keduanya berbeda. Komedo bukan jerawat, tetapi proses terjadinya komedo hampir sama dengan jerawat. Keduanya sama-sama kelebihan minyak di permukaan kulit yang kemudian terperangkap pori-pori. Komedo seperti penanda pori-pori telah tersebut dan karena itu, komedo dapat menjadi jerawat. Perbedaan lainnya yang paling kentara: komedo merupakan penyumbatan tanpa infeksi, sedangkan jerawat timbul akibat infeksi.

Ada beberapa jenis komedo. Namun yang paling mendasar ada dua, yaitu komedo tertutup atau komedo putih (whitehead) dan komedo terbuka atau komedo hitam (blackhead). Komedo putih merupakan jenis komedo di mana foliket rambut sepenuhnya tersumbat. Sementara komedo hitam disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit. Karena kulit terpapar udara dan berada di atas, maka warna komedo menjadi tampak hitam. Komedo hitam inilah yang biasa muncul di pada wajah seperti di sela-sela hidung, dahi, bahkan bisa juga muncul di leher dan bahu.

Selain penjelasan di atas, ternyata ada beberapa fakta tentang komedo yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa di antaranya yang disarikan dari majalah Beauty & Hair.

1. Makanan pemicu komedo

Reaksi tubuh setiap orang pada makanan berbeda. Bisa saja seseorang wajahnya lebih berminyak dan berkomedo karena mengonsumsi cokelat tetapi tidak berpengaruh pada wajah orang lainnya. Namun, wajah orang lain akan lebih berminyak jika makan gorengan. Anda harus mengetahui makanan apa yang rentan terhadap wajah Anda. Secara umum, perbanyaklah konsumsi makanan sehat.

2. Produk yang malah memperparah komedo

Bukan saja hanya pemakaian perawatan kulit yang tidak cocok, tetapi juga kandungan alkohol, peppermint, mentol, lemon, lime dan eucalyptus dapat memperparah komedo. Mengapa? Karena produk tersebut sifatnya mengeringkan sedangkan kulit wajah yang kering atau dehidrasi dapat menjadi pemicu produksi minyak wajah yang berlebihan dan memicu tersumbatnya pori-pori wajah.

3. Jangan kebanyakan cuci muka

Mencuci muka memang membersihkan wajah dari kotoran. Tetapi terlalu sering mencuci muka juga menyebabkan wajah kering hingga dehidrasi, akibatnya kulit semakin berminyak dan menimbulkan masalah kulit seperti komedo dan jerawat

4. Seputar Pengupas Pori atau Pore Strip

Banyak produk kecantikan menghadirkan pengupas pori atau pore strip yang berfungsi untuk menghilangkan komedo dengan mengangkatnya dari pori-pori. Sekarang ini produk ini mudah dijumpai dan banyak mengatakan dapat mengangkat komedo secara tepat. Sayangnya, pore strip atau produk semacam ini hanya mengangkat komedo yang berada di permukaan saja dan bukan dari dalam.

5. Musuh komedo

Jika pore pack belum mampu “mengusir” komedo sepenuhnya, berbeda dengan kandungan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang formulanya membantu mengikis sel kulit mati. BHA cocok untuk kulit berminyak sehingga mampu membersihkan hingga ke bagian dalam pori-pori. Umumnya, terdapat pada produk chemical exfoliant. Salah satu turunan BHA yang paling sering digunakan adalah salicylic acid.

Sudah merasa sempurna di bagian muka, sekarang bagian rambut. Temukan juga inspirasi gaya dan tip seputar rambut di majalah “Beauty & Hair”

Baca artikel seputar kecantikan dari wajah hingga rambut seperti Heddy Kandou yang mengedukasi masyarakat Indonesia dan ASEAN, teknik yang benar mengaplikasikan mascara, cara mengatasi frizz hair, wawancara tentang kencangkan wajah dan regenerasi kulit, rahasia pelangsingan Dewi Persik, pengenalan tentang teknik makeup jamsu, dan manfaat cuka apel untuk kecantikan pada edisi kali ini.

Baca majalah “Beauty & Hair” edisi terbaru

Sumber Gambar: SkinGeeks