Google Doodle 6 Maret Peringati Taman Nasional Komodo

Google Doodle 6 Maret Peringati Taman Nasional Komodo

Bila membuka laman utama Google di perangkat web hari ini, Anda akan menemukan doodle bergambar komodo yang sedang tertidur. Bila diklik, Anda akan mendapati komodo tersebut terbangun dan Anda diajak untuk mengikuti beberapa pertanyaan trivia seputar komodo yang dimulai dengan pertanyaan besar: Seberapa banyak Anda tahu tentang komodo? Setelah itu, Anda akan diberikan beberapa pertanyaan lainnya yang harus Anda jawab dengan pilihan true (benar) atau false (salah). Totalnya ada lima pertanyaan untuk menguji pengetahuan Anda.

Tahukah Anda bahwa pada 6 Maret 37 tahun lalu Taman Nasional Komodo pertama kali dicanangkan? Luasnya sekitar 173.000 hektare meliputi daratan dan lautan dengan lima pulau utama, yakni Pulau Komodo, Padar, Rinca, Gili Motang, dan Nusa Kode. Komodo di Taman Nasional Komodo hanya berjumlah sekitar 3.000 ekor sehingga berstatus rentan punah yang tersebar di setiap pulau. Di Pulau Rinca, ada sekitar 1.300 ekor komodo, sedangkan di Pulau Komodo sekitar 1.400 ekor.

Berkunjung ke Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo juga menjadi tujuan wisata. Daya tarik utama di kawasan ini tentu saja komodo. Untuk melihatnya, disarankan untuk dilakukan sambil trekking. Selain bisa mengambil gambar dengan reptil terbesar di Bumi itu, trekking juga dilakukan untuk menyaksikan spesies lain seperti aneka burung. Daya tarik lainnya adalah keindahan pantai untuk dijelajahi serta kedalaman laut dengan aneka terumbu karang dan biota laut untuk diselami. Pink Beach adalah tempat penyelaman dan snorkeling yang luar biasa yang berada di antara 36 titik penyelaman lain di kawasan ini. Wisata lainnya yang bisa dinikmati di kawasan Taman Nasional Komodo adalah berlayar menjelajahi pulau.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo, rugi jika hanya menghabiskan waktu kunjungan hanya untuk trekking. Anda bisa mengunjungi Kampung Komodo dan menikmati wisata baharinya. Bagaimana dengan transportasi di Taman Nasional Komodo? Berapa banyak budget yang diperlukan untuk mengunjungi semua tempat wisata di sana? Bila sudah pernah berkunjung ke Taman Nasional Komodo, adakah wisata bahari lain di Indonesia sebagai referensi untuk liburan selanjutnya? Anda akan mendapatkan jawabannya di buku “Taman Nasional Komodo: Komodo, Savana, dan Keindahan Bawah Air” karya Wahyuana.

Baca “Taman Nasional Komodo: Komodo, Savana, dan Keindahan Bawah Air” karya Wahyuana

Comments