Hari Kartunis: Sejarah dan Daftar Para Pembuat Kartun Terkenal

Hari Kartunis 5 Mei: Sejarah dan Daftar Para Pembuat Kartun Terkenal

Pada Minggu, 5 Mei 1895, pembaca New York World menemukan adisi baru yang menarik pada koran pagi mereka. Di dalamnya terdapat gambar penuh warna bocah botak dan bertelanjang kaki dan terlihat menyeringai nakal. Ini adalah seri berwarna pertama dari kartun bernama “Hogan’s Alley” yang kemudian dikenal sebagai “The Yellow Kid”. Sang kartunis, Richard Outcault, dinobatkan sebagai penemu komik strip modern. Karya pertamanya, “The Yellow Kid”, disebut-sebut sebagai ikon kartun komersial pertama yang sukses. Atas dasar itulah, pada 1990, Lembaga Kartunis Nasional Amerika Serikat memproklamirkan 5 Mei untuk diperingati sebagai Hari Kartunis.

Dalam rangka Hari Kartunis ini, mari cari tahu para pembuat kartun terkenal. Berikut adalah ebberapa kartunis ternama dari beberapa kartun populer di dunia yang telah dirangkum oleh Klement Galuh A. dari majalah VIEW.

Matt Groening

Siapa yang tidak mengenal keluarga kartun berwarna kuning dan bermata besar? “The Simpsons” adalah serial kartun yang sejak 1987 menemani banyak orang di seluruh dunia. Serial kartun tersebut diciptakan oleh Matthew Abram Groening atau yang lebih dikenal dengan nama Matt Groening.

Pada mulanya Matt Groening bekerja sebagai animator untuk sebuah acara televisi Fox, “The Tracey Ullman Show”, namun karena berbagai alasan dan untuk sesuatu hal yang baru, Matt Groening mulai membuat karakternya sendiri, yaitu keluarga Simpsons. Ia membuat dari orang tua, hingga dua orang anak perempuan dan seorang anak laki-laki yang nakal bernama Bart. Nama Bart sendiri dipilih sebagai anagram dari kata brat yang berarti anak nakal. Serial animasi “The Simpsons” diciptakan dan ditujukan untuk penonton dewasa. Tema yang diangkat tak jarang memasukkan tema yang sensitif dan kritik sosial Amerika Serikat. Selain itu, tak jarang serial ini menghadirkan bintang tamu, baik selebritas, politikus, hingga olahragawan yang dianimasikan layaknya karakter-karakter di serial ini.

Serial “The Simpsons” merupakan serial televisi primetime terpanjang, sekaligus serial animasi dan komedi situasi terpanjang yang pernah ada di dunia. Matt Groening lahir di Amerika Serikat pada 15 Februari 1954. Sepanjang kariernya, ia telah memenangkan 12 penghargaan Primetime Emmy Awards dan pada 14 Februari 2012, Matt Groening menerima sebuah bintang penghargaan di Hollywood Walk of Fame.

Hari Kartunis 5 Mei: Sejarah dan Daftar Para Pembuat Kartun Terkenal

Pendleton Ward

Pengarang serial kartun “Adventure Time” ini lahir pada 8 Juli 1982 dan merupakan lulusan CalArts Animation Program. Pada mulanya, “Adventure Time” berupa animasi pendek yang dibuat pada 2006 dan menjadi sebuah fenomena di internet pada 2007 dengan penonton lebih dari satu juta orang.

Serial “Adventure Time” berkisah petualangan seorang anak manusia 14 tahun bernama Finn dengan seekor anjing ajaib, Jake, yang mampu berbicara juga mengubah bentuk jadi apa saja. Mereka tinggal di negeri yang disebut The Land of Ooo, sebuah negeri pasca kepunahan.

Penggambaran dari serial “Adventure Time” cukup berkarakter karena hampir setiap karakternya dibuat dengan tidak proporsional, cenderung aneh, dan tidak masuk akal namun tetap menarik dan lucu untuk dilhat dengan pilihan warna yang memanjakan mata anak-anak. Untuk menyaksikannya, serial “Adventure Time” ditayangkan di Cartoon Network Asia.

Tahukah Anda siapa kartunis “Phineas and Ferb” dan bagaimana sepak terjangnya? Simak di majalah “VIEW”

Baca juga asal-usul detektif Sherlock Holmes, model kembar asal Indonesia di ajang Asia’s Next Top Model 5, aktor Spanyol maskulin yang semakin dikenal setelah sering berperan antagonis, juga artikel seputar selebritas seperti Bella Luna yang geger kawin kontrak dan Acha Septriasa yang kangen bau keringat suami, serta artikel seputar dunia hiburan terkini lainnya pada edisi kali ini.

Koleksi Majalah “VIEW” (GRATIS!)

Sumber Gambar: ComicVine, IndieWire, Global TV