Kisah di Balik Rokok dalam Buku

Kisah di Balik Rokok

Rokok selalu menjadi polemik yang tak berujung. Di satu sisi, rokok buruk karena polusi dan kesehatan. Namun sisi lainnya, rokok menambah pendapatan terbesar di Indonesia. Apalagi baru-baru ini menyebar isu kenaikan harga rokok di masyarakat. Responsnya pun semakin beragam. Sebagian orang menilai harga rokok sudah semestinya dipermahal agar para perokok berpikir dua kali mengeluarkan uang untuk membeli rokok. Namun menaikkan harga rokok itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Terlepas dari itu, terdapat buku-buku yang rokok sebagai medium dalam cerita. Adalah “Gadis Kretek” karya Ratih Kumala dan “Genduk” karya Sundari Mardjuki yang memberikan gambaran berbeda tentang rokok yang selama ini menjadi pro dan kontra di kalangan publik.

1. Gadis Kretek

Gadis Kretek - Ratih Kumala

Buku ini pertama kali terbit pada 2012 dan menjadi karya sastra yang juga referensi bagi yang ingin tahu lebih jauh tentang rokok kretek. Rokok kretek adalah adalah rokok yang menggunakan tembakau kering dan tambahan cengkeh. Saat dihisap terdengar bunyi kretek-kretek.

Tidak sekadar bercerita tentang cinta dan pencarian jati diri para tokohnya. Berlatar dari periode penjajahan Belanda hingga kemerdekaan, "Gadis Kretek” akan membawa pembaca berkenalan dengan perkembangan insdustri kretek di Indonesia. Buku karya istri penulis “Lelaki Harimau” ini juga sudah diterjemahkan ke Bahasa Inggris berjudul “Cigarette Girl”.

Beli buku “Gadik Kretek” karya Ratih Kumala

2. Genduk

Genduk - Sundari Mardjuki

Buku yang terbit Agustus ini mengisahkan seorang gadis yang berkutat dengan mimpinya untuk menemukan sang ayah. Berlatar di kaki bukit Gunung Sindoro, buku ini mengungkap derita warganya yang bermata pencaharian sebagai petani tembakau untuk menjual hasil panen mereka.

Kisah Genduk kental akan budaya Jawa namun tidak membuat pembaca kewalahan dibuatnya. Seperti yang dikatakan Sapardi Djoko Damono dalam komentarnya bahwa warna lokal dalam buku ini merupakan unsur penting dalam struktur yang merupakan sumbangan berharga terhadap keberagaman kesusastraan kita.

Cari tahu juga buku-buku karya Sundari Mardjuki lainnya di sini.

Beli buku “Genduk” karya Sundari Mardjuki