Langkah Awal Sukses Berbisnis Online

Langkah Awal Sukses Berbisnis Online

Apa yang Anda pikirkan bila mendengar istilah toko online? Sebagian orang, apalagi bagi para pedagang konvensional, melihat toko online adalah peluang baru untuk menambah pelanggan dan memperluas pangsa pasar. Tapi, kurangnya pengetahuan membuat mereka mengurungkan diiri untuk membuka bisnis toko online atau yang juga disebut dengan e-commerce. Dan kebanyakan dari mereka memilih produk yang ingin dijual dulu, baru mempelajari pasar. Ini salah satu kekeliruan yang dilakukan oleh para pebisnis pemula. Biasanya akibat latah atau ingin meniru kesuksesan orang lain.

Teman Anda menjual brownies secara online dan laku, kemudian Anda ikut berjualan jenis penganan yang sama. Padahal pasar sudah tercukupi kebutuhannya oleh brownies yang ada. Harus ada brownies yang jauh lebih enak, dengan layanan jauh lebih baik, serta promosi lebih gencar, untuk dapat menandinginya. Tentu itu bisnis yang sulit.

Cobalah tampil secara beda, dengan mempelajari kebutuhan pasar lebih dulu. Ketahui apa yang mereka butuhkan, inginkan, kemudian berusaha memenuhi kebutuhan dan keinginan itu. Sesulit itu? Tidak. Sesuai namanya, bisnis online, maka semua riset dapat dilakukan secara online pula. Ada beberapa cara untuk memahami apa yang dibutuhkan orang.

1. Kunjungi berbagai komunitas online

Pelajari apa yang sedang mereka diskusikan, apa yang sedang menjadi bahan pembicaraan di sana. Jadilah bagian dari komunitas itu. Ada ribuan grup di Facebook, dengan berbagai hobi, selera, usia, demografi, kebutuhan, dan keinginan. Melakukan riset saat ini menjadi mudah berkat kemunculan grup-grup online semacam itu. Atau Anda sudah menjadi bagian dari grup di WhatsApp, BlackBerry Mesenger, atau Path? Akan lebih mudah lagi memahami kebutuhan mereka.

2. Kenali apa masalahnya

Setiap grup biasanya punya acara rutin, atau hal-hal yang dilakukan bersama karena kesamaan minat. Ketika mereka punya masalah, coba cari tahu apa yang bisa Anda bantu, baik itu berupa produk atau jasa. Seberapa besar antusias mereka pada hal itu? Seberapa banyak yang membutuhkannya? Dengan memahami itu semua, berarti Anda sudah melakukan riset terhadap pasar.

3. Manfaatkan search engine

Riset online akan sangat terbantu dengan adanya fitur search atau web search engine. Lakukan pencarian dengan kata kunci tertentu terkait apa yang dibutuhkan orang. Misalnya Anda berminat berbisnis di bidang minyak kelapa, coba cari dengan kata kunci yang sama menggunakan keyword planner tool. Fitur ini memungkinkan Anda mencari kata kunci tertentu dan mengetahui berapa banyak pencarian per bulan yang dilakukan oleh netizen. Dari sini Anda dapat paham seberapa banyak kebutuhan akan produk itu. Untuk bisa memakai fitur tersebut, Anda harus memiliki akun di Google AdWords.

4. Siapa dan bagaimana kompetitor Anda?

Kenali siapa kompetitor potensial Anda dengan mengunjungi web atau lama toko online mereka. Apa saja produk dan jasa yang ditawarkan mereka? Siapa pelanggannya? Bagaimana servis mereka? Apa yang dikeluhkan oleh pelanggan mereka? Dengan mempelajari itu semua, anda dapat menentukan produk dan jasa macam apa yang dapat menandingi mereka.

Langkah Awal Sukses Berbisnis Online

Selain memahami apa yang ingin Anda jual di toko online Anda, ada lebih dari 90 langkah lainnya yang dapat Anda pelajari agar sukses berbisnis online ala e-commerce. Semua itu dapat Anda temukan dalam buku “99 Langkah Sukses Berbisnis E-Commerce” karya @Politwika terbitan Penerbit Grasindo. Selain memberikan langkah-langkah konkret dan mudah, pada setiap langkah tersebut penulis juga memberikan kisah nyata para pebisnis di akhir bahasan. Buku ini juga menyertakan gambar ilustrasi agar bahasan yang dibawakan menjadi lebih mudah dimengerti dan dipahami.

Tentang Penulis

@Politwika adalah sebuah tim konsultan kreatif yang berkonsentrasi mengamati isu-isu media sosial. Info lebih lengkah bisa diakses di politwika.com dan ikuti kicauannya di akun Twitter @Politwika. Saat puku ini ditulis, @Politwika terdiri dari @MerryMP, @SugiSigu, @Densahmad, @Ichagoo, dan @HeyHarsen.

Baca buku “99 Langkah Sukses Berbisnis E-Commerce” karya @Politwika

Nikmati buku bisnis populer lainnya di SCOOP Premium

Sumber Gambar: pexels.com

Comments