Menjaga Kebugaran Tubuh Tanpa Harus ke Gym

Pilates

Menjaga tubuh agar tetap bugar tidak harus ke gym, Anda bisa melakukannya walaupun sedang berada di kantor sekalipun.

Dalam majalah Marie Claire kami menemukan tip praktis dari Maharani Panggabean, founder Pilates ID, untuk menjaga kebugaran tubuh di sela waktu istirahat siang tanpa harus ke gym. Olahraga ini hanya membutuhkan waktu antara 20–40 menit jadi berlatihlah semaksimal mungkin.

1. Senin

Di awal minggu, tubuh memerlukan kondisi fit sehingga dibutuhkan aktivitas yang dapat membangkitkan energi positif. Anda bisa memulai dengan melakukan jalan interval yang dibagi dalam 2 menit berjalan normal dan 2 menit berjalan sangat cepat. Lalu lakukan jalan dan lari interval dengan pola 2 menit berjalan cepat dan 2 menit lari. Gunakan wrist weight jika ada, tingkatkan kecepatan berdasarkan kemampuan tubuh.

2. Selasa

Ketika jadwal aktivitas di kantor semakin menumpuk dan beberapa rangkaian meeting yang berurutan, lakukan mind-body exercise seperti gerakan dasar pilates atau yoga. Bila studio pilates atau yoga kurang mudah diakses dari kantor Anda, unduh video tutorial dari YouTube yang dapat dimainkan melalui aplikasi smartphone sebagai panduan latihan.

3. Rabu

Dalam setiap minggu, perempuan disarankan untuk melakukan olahraga yang dapat membakar kalori dan membangkitkan kembali metabolisme tubuh. Di tengah minggu, Anda dapat melakukan latihan circuit yang dibagi dalam dua rangkaian. Dalam 3 gerakan pertama fokus pada high kness (berjalan di tempat tapi lutut diangkat setinggi mungkin), jumping jacks, squat atau plie’ squat. Lakukan setiap rangkaian gerakan tersebut selama 40 detik, istirahat 20 detik lalu ulangi hingga 3 set. Dalam 3 gerakan kedua, lakukan side lunges, claf raises (jinjit), dan plank. Lakukan gerakan pertama dan kedua selama 40 detik dan istirahat 20 detik. Lakukan plank 10–30 detik sesuai kemampuan, lalu ulangi sebanyak 3 set.

Kamis

Di hari Kamis biasanya energi Anda sudah menurun dengan padatnya aktivitas. Lakukan beberapa latihan dengan intensitas tinggi yang dapat memicu kembali sistem metabolisme, dan membantu membentuk beberapa bagian tubuh Anda. Lakukan naik turun tangga selama 20 menit, push up atau wall push up bagi pemula. Ambil nafas saat turun tangga (dengan sikut ditekuk) dan buang nafas saat naik. Lakukan 30 detik, istirahat 15 detik lalu ulang hingga 6 set.

Jumat

Memasuki akhir pekan, biasanya waktu Anda dipenuhi berbagai jadwal acara atau pesta yang justru membutuhkan tubuh Anda dalam metode energi maksimal. Ajak pasangan atau teman untuk berolahraga seperti berjalan, lari atau ikut kelas seperti Zumba, belly dance, dan TRX. Penelitian oleh Oxford University mengungkapkan bahwa latihan olahraga yang dilakukan secara berkelompok dapat memicu pelepasan endorphine, hormon yang menciptakan rasa senang dalam tubuh.

Apakah Anda memiliki trik lain dalam mendapatkan tubuh fit dan sehat ? Yuk, share di kolom komentar di bawah ini.

Tentang Marie Claire Indonesia

Marie Claire Indonesia adalah majalah wanita yang mengulas seputar fashion, beauty, feature, dan lifestyle. Temukan artikel-artikel lainnya pada edisi terbaru kali ini.

Beli Marie Claire Indonesia (Rp. 29.000)

Comments

  1. says

    Salam kenal Gan
    mau tanya Tentang Marie Claire Indonesia apakah menyediakan artikel2 tentang senam yoga dan senam2 lainnya?