Rumah Harga Rp 350 Juta di Jakarta: Nyata atau Khayalan?

Rumah Harga Rp 350 Juta di Jakarta: Nyata atau Khayalan?

Setelah memenangkan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua versi hitung cepat (quick count), masyarakat meminta agar pasangan unggul Anies Baswedan-Sandiaga Uno segera merealisasikan janjinya di sektor perumahan semasa kampanye. Salah satu programnya adalah uang muka atau down payment (DP) 0 Rupiah untuk pembelian rumah yang ditunggu-tunggu warga DKI Jakarta. Inti dari program tersebut adalah Pemerinta Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menanggulangi biaya DP pembelian rumah dengan syarat memiliki harga maksimal Rp 350 Juta.

“Kalau harga rumah Rp 350 juta maka masyarakat DKI Jakarta harus bayar DP Rp 52 juta dan itu yang mau kami hilangkan, kami ringankan,” seperti yang dikatakan Anies pada Kompas.com.

Apakah rumah seharga Rp 350 juta ada di Jakarta?

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana bisa harga rumah di DKI Jakarta hanya sebesar Rp 350 juta? Bilapun ada, di manakah bisa mendapatkan rumah seharga tersebut di sekitaran Jakarta? Kontributor tabloid RUMAH, Nathania Hapsari, mencari tahu jawabannya. Ia bertanya kepada Ignatius Untung, Country General Manager sebuah situs penjualan properti online Indonesia.

Ignatius mengakui, sejak pernyataan “rumah Rp 350 juta” itu muncul, timnya memonitor daftar properti rumah di Jakarta. Saat itu, ia menemukan rumah seharga Rp 350 juta di daerah Kartini, Jakarta Pusat. Kondisi rumah tapak seluas kurang lebih 40 meter persegi itu terbilang sangat sederhana, bahkan menyerupai kontrakan. Namun hanya berselang seminggu, iklan properti itu menghilang.

Beralih dari Jakarta Pusat, bagaimana dengan kawasan lainnya di Jakarta? "Rumah dengan harga Rp 350 juta ke bawah sempat kami temui dengan luasan 20 sampai 50 meter persegi, tergantung lokasi dan letaknya di daerah pemukiman. Kalaupun ada yang lebih luas, kondisi bangunannya tidak sebaik rumah kecil dengan harga yang sama. Lokasinya pun biasanya di dalam gang kecil yang hanya bisa dilewati motor, jelas Ignatius.

Namun lagi-lagi ia menekankan bahwa harga dan ketersediaannya sangat fluktuatif, bahkan dalam hitungan hari saja.

Ada beberapa ketentuan rumah seharga Rp 350 juta di Jakarta. Simak selengkapnya di tabloid “RUMAH”

Baca juga cara ciptakan ruang keluarga bergaya Skandinavia, tip rumah mungil tampak luas, enam kasus renovasi paling populer, profil rumah Bali tropis yang eksotis, tip dekorasi meja makan ala Diana Montje, solusi atasi lemari atas dapur yang roboh, tip bersihkan sink dan keran, enam tip membuat water fall, serta artikel gaya hidup hunian terkini pada edisi kali ini.

Baca tabloid “RUMAH” edisi terbaru

Nikmati ribuan edisi majalah terbaru dan lebih dari 13.000 buku lainnya dengan SCOOP Premium

Sumber Gambar: Tabloid RUMAH