Tak Hanya Sehat untuk Jantung, Ini Dia Manfaat Oatmeal

Tak Hanya Sehat untuk Jantung, Ini Dia Manfaat Oatmeal

Pada dasarnya, oatmeal merupakan makanan dari biji-bijian yang kebanyakan orang menyebutnya biji gandum utuh. Bentuknya bubuk dengan serpihan yang kasar, aromanya gurih wangi seperti susu atau gandum. Oatmeal atau havermut memang dikenal sebagai bahan pangan yang menyehatkan tubuh terutama jantung dikarenakan mengandung lignan, yaitu senyawa kimia yang telah ditemukan dapat mencegah penyakit jantung. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu mengurangi tingkat kolesterol dalam darah. Bahkan oatmeal juga sering disajikan sebagai salah satu menu bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

Apa saja manfaat oatmeal lainnya bagi yang mengonsumsinya? Simak penjabaran yang dicuplik dari Tabloid Koki berikut.

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan serat dalam oatmeal dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Bahkan oatmeal disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita menopause yang cenderung berisiko mengalami hipertensi, setidaknya konsumsi oatmeal sebanyak enam porsi setiap minggunya. Para pria juga bisa mengurangi risiko gagal jantung bila mereka makan satu mangkuk oatmeal per harinya.

2. Membantu menurunkan berat badan

Oatmeal juga sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Hal ini dikarenakan oatmeal merupakan sumber serat yang rendah kalori. Dengan oatmeal sebagai menu sarapan, perut anda akan terasa lebih kenyang dalam waktu yang lama. Tentu hal ini bermanfaat untuk mengatur berat badan. Sehingga oatmeal sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi para penderita obesitas.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bahan ini juga mengandung beberapa jenis serat yang disebut beta-gluten yaitu serat yang mampu melindungi terhadap penyakit jantung dan juga meningkatkan sistem imunitas. Dalam hal ini membantu sel-sel kekebalan tubuh dalam mencari dan memperbaiki daerah pada bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

4. Baik untuk kesehatan kulit

Mengonsumsi oatmeal secara rutin maka secara tidak langsung juga melakukan perawatan terhadap kulit. Karena oatmeal mengandung antioksidan yang tinggi sehingga membantu berbagai lapisan kulit mengeluarkan radikal bebas akibat paparan sinar matahari ataupun polusi. Oatmeal juga mempunyai sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga sangat ideal digunakan untuk kulit sensitif dan untuk mengobati berbagai masalah kulit seperti jerawat, sunburn, dan eksim. Selain dikonsumsi, oatmeal juga bisa digunakan sebagai scrub, masker, atau digunakan saat berendam.

5. Menyerap kotoran dan minyak berlebih pada rambut

Oatmeal dapat dimanfaatkan untuk membantu menyerap kelebihan minyak dan kotoran pada rambut serta meringankan gatal pada kulit kepala. Caranya cukup dengan membalurkan oatmeal yang telah digiling halus pada rambut.

(dbs)

Selain manfaat, temukan juga efek samping oatmeal di tabloid “Koki”

Baca juga resep olahan ketan yang manis dan gurih, jenis-jenis oatmeal, tip seputar oatmeal, sarapan dengan overnight oatmeal, resep rupa-rupa olahan oatmeal, makanan dan minuman sehat yang membuat gemuk, manfaat super jambu biji merah, cantik alami dengan jambu biji merah, tetap mengonsumsi jambu biji merah, resep kreasi jambu biji merah, plus minus konsumsi kerang, jenis-jenis kerang, dan artikel bermanfaat seputar bahan makanan dan resep yang mudah ditiru pada edisi kali ini.

Langganan tabloid “KOKI” 6 bulan (13 edisi)

Sumber Gambar: pexels.com

Comments

  1. Fabianus says

    Langkah untuk hidup sehat kebosanan bisa divariasikan dengan berbagai macam rasa sayur atau buah segar atau malahan dapat dikonsumsi sebagai pengganti nasi jadi bisa dikombinasikan dnengan apapun misal parutan keju atau kecap meja manis atau asin seseuai selera . Yang penting jangan bosan. Dengan kerupuk pun bisa. Banyak manfaat jadi baik untuk kebiasaaan.